• 8 Gelas Sehari





    Anjuran minum air 8 gelas sehari sudah dari dulu kita dengar. Meskipun, ada penelitian di Amerika sana yang mengatakan bahwa itu adalah anjuran yang menyesatkan, tapi masyarakat kita masih percaya bahwa 8 gelas sehari itu bagus. Saya adalah salah satu yang percaya. Hehe. 


    Tapi, bukan berarti saya melaksanakan anjuran itu. Saya nggak terlalu suka air putih. Rasanya itu lho, eneg dan membosankan. Selain itu saya suka beseran kalau banyak minum. 


    Bisa dibilang saya cuma minum air putih 3 gelas sehari. Setelah sarapan, setelah makan siang, dan tentu saja sesudah dinner. Kalau makanannya pedas, biasanya ada bonus tambahan satu gelas. Hehe. Gelasnya, pakai gelas standar. Nggak kecil, juga nggak besar.


    Tapi, saya sering nakal, saya lebih banyak minum es teh atau es susu bahkan es kopi, bahkan yakult sesudah makan. Terutama saat makan makanan pedas. Itu supaya saya segera mengusir efek pedas makanan dari mulut saya. Akibatnya pola BAB saya nggak lancar (kata Ibu dan suami sih, penyebabnya karena saya nggak suka minum).


    Yah, yah, saya sadar pola minum seperti itu nggak bagus. Maka dari itu, mulai kemarin saya meniatkan diri untuk minum minimal 8 gelas air per hari. Mengurangi minuman yang aneh-aneh. Hanya membuat teh di sore hari saat nonton drama Korea (hallah). Minum susu atau yakultnya di siang hari. Kalau kopi, saya udah nggak minum lagi. Alhamdulillah.


    Supaya disiplin minumnya, akhirnya saya buat jadwal minum minimal seperti ini:

    1. Minum sesudah bangun tidur
    2. Minum sebelum sarapan
    3. Minum sesudah sarapan
    4. Minum sebelum makan siang
    5. Minum sesudah makan siang
    6. Minum sebelum makan malam
    7. Minum setelah makan malam
    8. Minum sebelum bobo' sambil untuk menelan vitamin.
    Ternyata nggak terlau beseran yang gimana-gimana gitu. Mungkin karena dikeluarkan lewat keringat itu airnya. Guru Biologi saya SMA dulu pernah bilang sih, kalau beseran saat pola minum diperbanyak itu karena tubuh masih menyesuaikan, nanti juga akan normal, katanya.


    Yah, mudah-mudahan saya konsisten. Well, selamat minum air, moga selalu sehat yaw! 




    *) Gambar dari sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Kenapa Pipiyot?
Kata suamiku, daguku lancip kayak dagu Pipiyot xixixi :p
"And it takes no time to fall in love, but it takes you years to know what love is."
(Jason Mraz)
My Stick Family from WiddlyTinks.com

Terima Kasih Sudah Berkunjung :)